Demokrat Masih Butuh Tokoh Asal Militer

Demokrat Masih Butuh Tokoh Asal Militer
Demokrat Masih Butuh Tokoh Asal Militer
JAKARTA - Tiga nama bakal calon ketua umum Partai Demokrat (PD) sudah muncul ke permukaan. Ketiganya adalah Marzuki Alie, Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum. Namun siapapun yang jadi Ketua Umum PD, diharapkan tidak meninggalkan tokoh-tokoh Demokrat yang berlatar belakang militer.

Kader Demokrat yang juga anggota Komisi III DPR, Pieter Zulkifli, menyatakan bahwa PD masih memerlukan sosok berlatar belakang militer untuk ikut memimpin parpol pemenang pemilu 2009 itu. Kepada JPNN di Jakarta, Selasa (6/4), Pieter menegaskan, PD sebagai partai yang masih relatif muda memang membutuhkan keterlibatan segenap komponen kader dari berbagai macam latar belakang termasuk berlatar belakang militer.

"Dalam upaya pematangan proses perkaderan dan pendewasaan politik para kader, dalam jangka lima tahun ke depan pelibatan figur militer dalam struktur inti partai masih penting. Ini dimaksudkan sebagai penyeimbang bagi kader-kader potensial yang berlatar belakang sipil. Dengan adanya komposisi demikian maka pengambilan kebijakan dan strategi politik akan lebih matang," cetus Pieter.

Menurutnya, terkadang demokratisasi dan dinamika internal parpol dapat berujung pada pertarungan tidak sehat. Akibatnya perpecahan internal menjadi tidak terelakan. "Dalam konteks ini figur senior berlatar belakang militer yang memiliki kedewasaan dalam bersikap diharapkan mampu mencegah faksi-faksi yang potensial dapat memecah soliditas partai," ulasnya.

JAKARTA - Tiga nama bakal calon ketua umum Partai Demokrat (PD) sudah muncul ke permukaan. Ketiganya adalah Marzuki Alie, Andi Mallarangeng dan Anas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News