Demokrat Sampaikan 6 Rekomendasi untuk Pemerintah Hadapi Corona

Demokrat Sampaikan 6 Rekomendasi untuk Pemerintah Hadapi Corona
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat menyampaikan enam rekomendasi kepada pemerintah dalam menghadapi dan menanggulangi pandemi dan epidemi virus Corona.

Rekomendasi disiarkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat akun Twitter @AgusYuhdoyono.

"Dengan semangat 'di masa krisis kita harus bersatu & bergandengan tangan', kami ingin berkontribusi & menjadi bagian dari solusi. Berikut 6 rekomendasi @PDDemokrat pada pemerintah terkait wabah COVID-19, sbg pernyataan publik pertama saya sebagai Ketum PD," kicau @AgusYuhdoyono, Jumat (20/3) petang.

AHY kemudian memaparkan enam rekomendasi Demokrat. Pertama, meminta pemerintah agar segera melakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi Corona. Lockdown diminta dilakukan sampai dianggap aman untuk dibuka kembali.

Lockdown yang dimaksud dengan membatasi sementara pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dalam sebuah wilayah, dengan tetap menjaga kelancaran arus barang. Terutama barang-barang pokok. Langkah ini diharapkan dapat meminimalisir menyebarnya virus Corona.

Kedua, melakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masih dan terkoordinasi. Kebutuhan melakukan rapid test secara masif untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus, semakin mendesak. Selain itu, perli disinergikan langkah koodinasi pusat dan daerah, serta koordinasi antardaerah.

Demokrat juga memandang perlu perbaikan akurasi serta transparansi data da informasi, terkait peta penyebaran Corona, agar masyarakat lebih waspada dan kebijakan penanganannya lebih cepat dan tepat.

Ketiga, melakukan relokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan virus Corona. Utamanya fasilitas kesehatan.

Rekomendasi untuk pemerintah dalam menghadapi dan menanggulangi pandemi virus Corona disampaikan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News