DEN Belum Keluarkan Sikap Resmi Soal Holding Energi

DEN Belum Keluarkan Sikap Resmi Soal Holding Energi
DEN Belum Keluarkan Sikap Resmi Soal Holding Energi

jpnn.com - JAKARTA -- Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Andang Bachtiar menegaskan lembaganya belum pernah mengeluarkan sikap resmi terkait masalah holding BUMN energi. 

Andang sekaligus meluruskan pemberitaan yang memuat pernyataan anggota DEN, Tumiran bahwa intinya memersoalkan kebijakan holding BUMN. Menurut Andang, itu merupakan pernyataan pribadi Tumiran dan bukan sikap resmi DEN.

Sepengetahuan Andang, sejak press release sidang paripurna DEN ketiga bersama Presiden Joko Widodo 22 Juni 2016, belum ada lagi rapat atau sidang anggota yang membahas apalagi mengeluarkan pernyataan resmi tentang permasalahan energi strategis. “Termasuk tentang Holding BUMN bidang Energi,” kata Andang dalam keterangannya, Jumat (15/7).

Menurut Andang, jika anggota DEN sebagai pribadi, boleh-boleh saja memberi masukan dan mengkritisi. Namun dalam konteks DEN, tentu saja tidak bisa menolak apalagi bertentangan dengan kebijakan pemerintah. “DEN itu siapa? Jangan lupa, Ketua DEN adalah presiden,” ujar Andang.

Ia mengaku, Tumiran juga pernah mengatakan kepadanya tidak pernah menyebut hal itu sebagai kesimpulan DEN. “Dia mengatakan kepada saya bahwa medianya yang melintir-melintir. Dan itu adalah dosa besar media-media itu,” kata Andang.

Tumiran mengaku bahwa pernyataannya di media sama sekali bukan sikap DEN. “Itu bukan sikap DEN. Karena sikap DEN bersifat kolegial yang harus diputuskan melalui rapat,” kata Tumiran.

Ia bahkan heran dengan masifnya pemberitaan yang memuat pernyataannya itu. Apalagi, dia merasa hanya sekali diwawancarai  sebuah media online sekitar 26-27 Juli 2016.

Memang, dia juga pernah melakukan diskusi kecil di Yogyakarta sebelum Lebaran. Namun, diakui bahwa pernyataannya dalam acara tersebut sangat biasa. Jauh berbeda dengan yang dimuat di media massa, yang terkesan sangat bombastis.

JAKARTA -- Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Andang Bachtiar menegaskan lembaganya belum pernah mengeluarkan sikap resmi terkait masalah holding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News