Depkeu Buyback SUN Rp 327 Miliar

Depkeu Buyback SUN Rp 327 Miliar
Depkeu Buyback SUN Rp 327 Miliar
JAKARTA - Departemen Keuangan (Depkeu) melakukan pembelian kembali atau buyback Surat Utang Negara (SUN) sebanyak Rp 327 miliar. Jumlah ini jauh lebih kecil dari penawaran investor sebesar Rp 1,9 triliun.

Direktur Surat Berharga Negara Depkeu Bhimantara Widyajala mengatakan buyback ketiga ini efektif untuk menaikkan harga SUN. Dimana, saat ini tingkat imbal hasil sudah berada pada kisaran 16 persen. "Sebelumnya yield pernah di atas 20 persen," kata Bhimantara di Kantor Depkeu, Jakarta, Rabu (12/11).

Proporsi kepemilikan asing juga stabil, meski masih di bawah situasi normal pada 8 September yang tercatat Rp 105,4 triliun. Sementara sejak 8 Oktober hingga 8 November berkisar Rp 90 triliun, sehingga ada penambahan secara bertahap sekitar Rp 300 miliar.

Bhimantara berpendapat, pelepasan SUN oleh pihak asing tidak perlu dikhwatirkan. Sebab, berdasarkan data sejak September, porsi kepemilikan dana pensiun malah naik. Ini setelah pemerintah menghentikan lelang perdana mereka dengan menambah SUN dari pasar sekunder.  Membaiknya situasi pasar SUN juga tecermin pada rata-rata volume perdagangaan harian. Sepanjang Oktober 2008 mencapai Rp5,6 triliun, atau tertinggi dari rata-rata dua bulan sebelumnya.

JAKARTA - Departemen Keuangan (Depkeu) melakukan pembelian kembali atau buyback Surat Utang Negara (SUN) sebanyak Rp 327 miliar. Jumlah ini jauh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News