Desa dan Transmigrasi Bisa Jadi Kunci Sukses Pemerintahan Jokowi

Desa dan Transmigrasi Bisa Jadi Kunci Sukses Pemerintahan Jokowi
Desa dan Transmigrasi Bisa Jadi Kunci Sukses Pemerintahan Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) M Budyatna menilai program transmigrasi dan pembangunan desa bisa menjadi kunci sukses bagi pemerintahan Joko Widodo. Menurutnya, jika desa dan kawasan transmigrasi bisa diberdayakan maka  Jokowi -sapaan sang presiden- akan menorehkan catatan penting bagi penguatan perekonomian nasional.

Budyatna mengatakan, program transmigrasi dan pembangunan desa yang kini ditangani Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDT2) bisa menjadi kunci sukses bagi pemerintahan Joko Widodo. Jika desa dan kawasan transmigrasi bisa diberdayakan, katanya, maka  Jokowi -sapaan sang presiden- akan menorehkan catatan penting bagi penguatan perekonomian nasional.

Menurut Budyatna, persoalan yang kini ditangani ‎KDPDT2 memang tak mudah diselesaikan. Sebab, ada puluhan ribu desa dengan berbagai persoalan yang harus ditangani dan disuntik dana.

Namun, Budyatna menegaskan, program yang tepat disertai pengawasan seluruh pihak akan menjadikan perekonomian desa lebih baik.  "Oleh sebab itu perlu pengawasan semua pihak. Menteri Desa (Marwan, red) harus fokus dengan program kerja sesuai dengan cita-cita Jokowi untuk meningkatkan perekonomian seluruh wilayah Indonesia," ujarnya, Senin (25/1).

Guru besar ilmu politik di UI itu lantas menyinggung soal badan usaha milik desa (BUMDes) yang kini tengah digalakkan KDPDT2. Menurutnya, memberdayakan desa melalui BUMDes merupakan program positif.

Desa dan Transmigrasi Bisa Jadi Kunci Sukses Pemerintahan Jokowi

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDT2) Marwan Jafar.

Meski demikian Budyatna juga mengingatkan agat pelaksanaan program pemberdayaan desa diawasi semua pihak. Ia mencontohkan, andai dana desa tidak diselewengkan maka itu sudah menjadi capaian luar biasa.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) M Budyatna menilai program transmigrasi dan pembangunan desa bisa menjadi kunci sukses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News