Desa Tarikolot, Terbaik Dalam Kelola Data untuk Pembangunan

Desa Tarikolot, Terbaik Dalam Kelola Data untuk Pembangunan
Tim Advisor Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menggelar Focus Group Discussion Sistem Pengelolaan Data dalam Pembangunan Desa di Kantor Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Foto : Humas Kemendes

jpnn.com, CITEUREUP - Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor menjadi salah satu desa percontohan yang berhasil dalam pengelolaan data desa sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan desa sehingga tepat sasaran sesuai potensi desa dan kebutuhan masyarakat.

Sekretaris Desa Tarikolot Rian Hidayat menjelaskan proses pengelolaan data yang dilakukan di desanya melibatkan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA : Kriteria Calon Menteri Jokowi, Usia 20-30 Tahun dan Berparas Cantik

 

Dimulai dari perekrutan tenaga pencacah, melaksanakan pelatihan yang melibatkan pendamping, kemudian masyarakat melakukan pendataan secara langsung dan kepala desa melakukan monitoring.

Selanjutnya data di verifikasi untuk diinput dan diolah, sehingga bisa mendapatkan data layanan sosial dasar seperti data jumlah anak putus sekolah, data sanitasi dan air bersih, cakupan imunisasi dan lain-lain.

"Dengan pendataan seperti itu lebih mudah menentukan program pemberdayaan dan lebih tepat sasaran," ujarnya saat acara Focus Group Discussion Sistem Pengelolaan Data dalam Pembangunan Desa di Kantor Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BACA JUGA : Jawaban Gibran soal Pendemo Mau Penggal Kepala Jokowi

Dengan sistem pendataan di Desa Tarikolot lebih mudah menentukan program pemberdayaan dan lebih tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News