Detik-Detik Prajurit TNI AL Menyelamatkan 10 ABK dari Kapal yang Terbakar di Teluk Jakarta

Detik-Detik Prajurit TNI AL Menyelamatkan 10 ABK dari Kapal yang Terbakar di Teluk Jakarta
Kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 yang terbakar di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu, Kamis (14/4/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada I TNI AL

jpnn.com, JAKARTA - Prajurit TNI AL di KRI Teuku Umar-385 yang tengah berpatroli keamanan dan kedaulatan laut menyelamatkan 10 anak buah kapal (ABK) penangkap ikan KM Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta, Kamis (14/4). 

Komandan KRI Teuku Umar-385 Letnan Kolonel Laut (P) Faisal Yanova Tanjung menjelaskan proses penyelamatan dan evakuasi para ABK itu. 

Dia menjelaskan awalnya pihaknya melihat kepulan asap dari kejauhan. 

Lalu, mereka mendekati dan mengidentifikasi kapal itu dengan cara kontak secara visual. 

Kondisi kapal yang terbakar cukup besar mengakibatkan KRI Teuku Umar-385 tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar 80 persen kapal penangkap ikan itu.

"Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi," kata Tanjung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (15/4). 

Kesepuluh awak kapal yang merupakan nelayan itu diperiksa kesehatannya sebelum dititipkan pada kapal ikan lain, KM Blessing 03, yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke, Jakarta.

Setelah menitipkan kesepuluh awak kapal KM Angke Jaya 2 yang terbakar itu, KRI Teuku Umar-385 melanjutkan patroli menuju sektor operasi yang telah ditentukan. 

Inilah detik-detik prajurit TNI AL di KRI Teuku Umar-385 menyelamatkan 10 ABK yang kapalnya terbakar di perairan Teluk Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News