Devi Safitri, Yatim Piatu asal Kalbar Juara Dunia Hapkido

Devi Safitri, Yatim Piatu asal Kalbar Juara Dunia Hapkido
Devi Safitri membentangkan bendera Merah Putih sebagai juara pertama World Hapkido Championship Seoul 2018 di Seoul, Korea Selatan, Minggu (29/7). Foto: Humas Pemkab Kubu Raya for Rakyat Kalbar

jpnn.com, KUBU RAYA - Devi Safitri, 21, anak yatim piatu asal Kubu Raya, Kalbar, menjadi juara dunia pada ajang World Hapkido Championship Seoul 2018 di Seoul, Korea Selatan, Minggu (29/7).

Bertanding pada arena dua di Jung-Gu Community Center Seoul, Devi meraih medali emas usai mengalahkan atlet dari Hongkong pada nomor dae ryeon atau tarung di kelas feather under 57 kilogram.

Capaian ini melampaui target pribadi yang dipasangnya yaitu meraih medali. “Target sih mudah-mudahan bisa membawa medali,” ujar gadis asal Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya ini pada akhir pekan lalu seusai dilepas Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus sebelum bertolak ke Korea Selatan.

Saat itu Devi dengan tegas menyatakan memasang target medali. Meski kejuaraan dunia hapkido ini merupakan turnamen internasional pertamanya. “Saya sudah persiapan sekitar 7 bulan. Persiapan itu belum termasuk latihan mandiri setiap hari dan latihan gabungan bersama Timnas Indonesia,” ujar juara nasional hapkido 2017 ini.

Kemenangan Devi disambut antusias Bupati Kubu Raya Rusman Ali. Sebab prestasi Devi membanggakan nama negara dan daerah. Devi telah membuktikan bahwa putra-putri daerah mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

“Alhamdulillah ini menjadi kabar gembira untuk kita semua. Devi Safitri telah mengharumkan nama Indonesia dan Kalbar, khususnya Kubu Raya,” tuturnya.

Bupati berpesan agar Devi tetap ‘membumi’. “Terus belajar dan berlatih agar prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang,” imbau Rusman.

Apresiasi juga datang dari Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji. Dalam laman akun Facebook-nya, pria yang karib disapa Midji ini mengucapkan selamat kepada Devi dan tim hapkido Indonesia. “Selamat tentunya untuk Devi dan pelatihnya. Juga tim Indonesia,” tulis midji.

Devi Safitri, gadis yatim piatu asal Kubu Raya, Kalbar, berhasil menjadi juara dunia Hapkido di ajang World Hapkido Championship Seoul 2018 di Seoul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News