Devisa Dari TKI RI Tembus USD 3,3 M

Devisa Dari TKI RI Tembus USD 3,3 M
Devisa Dari TKI RI Tembus USD 3,3 M
JAKARTA -Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memberikan pengiriman devisa ke dalam negeri (remittance) hingga USD 3,3 miliar per Juni 2010. Sementara pada akhir 2009 dan 2008 nilai remittance yang tercatat di Bank Indonesia (BI) masing-masing sebesar USD 6,6 miliar.

”Data tersebut menunjukkan jumlah remittance setiap tahunnya meningkat. Namun cenderung agak stagnan dari tahun 2008 yang bisa jadi disebabkan oleh krisis global maupun sebab lain,” kata Difi A Johansyah melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (27/9).

Walaupun meningkat, ujarnya, Indonesia tidak boleh berpuas diri karena masih banyak potensi yang bisa diraih. ”Sebagai gambarannya, Filipina, yang merupakan negara pengirim tenaga kerja utama di Asia dan negara berkembang, menghasilkan remittance yang peningkatannya sangat meningkat dari USD 10,7 miliar pada 2005 menjadi USD 17,4 miliar di 2009,” urainya.

Dengan demikian, remittance dari pengiriman tenaga kerja merupakan komponen utama penyumbang devisa bagi Filipina. Begitu juga kontribusinya terhadap GDP di Filipina relatif stabil dan sedikit meningkat dari 10,8 persen pada 2005 dan 2009.

JAKARTA -Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memberikan pengiriman devisa ke dalam negeri (remittance) hingga USD 3,3 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News