Di Bekasi, Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Sertifikasi Halal-Penerbitan NIB untuk Pelaku UMKM

Di Bekasi, Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Sertifikasi Halal-Penerbitan NIB untuk Pelaku UMKM
Mak Ganjar Jabodetabek menggelar penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan NIB untuk pelaku UMKM di Bekasi. Foto: Tim media Ganjar Pranowo

jpnn.com, KOTA BEKASI - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Mak Ganjar Jabodetabek, memberikan penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bekasi.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jabodetabek Evy Nafisah mengatakan bantuan penerbitan NIB itu dilakukan untuk mengedukasi dan mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan akses permodalan usaha.

"Alhamdulillah program yang berkaitan dengan sertifikasi halal dan izin untuk usaha ini harapan ibu-ibu memang. Karena bagaimana pun ke depan usaha kami akan makin tertib, termasuk dalam rangka mendapatkan pinjaman lunak," ujar Evy di Lapangan Koda Futsal, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Sabtu (19/8).

Evy menyampaikan bantuan untuk para pelaku UMKM itu terinspirasi dan termotivasi dari Ganjar Pranowo yang meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro di Jawa Tengah dengan bunga hanya 3 persen pertahun.

Dengan kebijakan tersebut, Jawa Tengah berhasil menjadi daerah dengan penyalur KUR terbesar se-Indonesia pada tahun 2022 dengan nilai penyaluran KUR mencapai Rp 55,27 triliun.

"Di Jawa Tengah sendiri untuk ibu-ibu yang bergerak di bidang usaha itu pinjaman yang di bank biasa 12 persen setahun, di Jawa Tengah itu 3 persen, mudah-mudahan ini tersosialisasi ke seluruh Indonesia," katanya.

Adapun bantuan yang diberikan Mak Ganjar Jabodetabek dilakukan dengan memberikan surat dan nomor NIB yang telah terhubung dalam Online Single Submission atau OSS yang dikelola Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dengan adanya surat dan nomor NIB yang diberikan, para pelaku UMKM nantinya akan lebih mudah mendapatkan akses modal dengan bunga rendah. Dengan demikian, iklim usaha khususnya UMKM akan lebih tertib.

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang berjejaring Mak Ganjar Jabodetabek, memberikan penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan NIB untuk pelaku UMKM di Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News