Di Cileungsi...Pagi Berangkat Sekolah, Malam Mangkal di THM

Di Cileungsi...Pagi Berangkat Sekolah, Malam Mangkal di THM
Di Cileungsi...Pagi Berangkat Sekolah, Malam Mangkal di THM

jpnn.com - CILEUNGSI - Maraknya tempat hiburan malam di Cileungsi, membuat pergaulan bebas di wilayah di timur Kabupaten Bogor ini tak terbendung lagi. Tak sedikit, remaja yang akhirnya terjerumus dalam lingkaran prostitusi. 

Jumlah remaja dengan kehamilan tidak diinginkan, terus bertambah. “Prostitusi di Cileungsi sangat memprihatinkan. Kini tidak saja wanita dewasa jadi PSK, namun beralih ke kalangan remaja. Pagi berangkat sekolah, malam mangkal di THM (tempat hiburan malam),” ujar tokoh masyarakat Cileungsi, Ken Sukanta, seperti dikutip dari Radar Bogor, Rabu (30/12).

Remaja dengan kehamilan tidak diinginkan itu berasal dari berbagai lingkungan. Mulai dari siswa hingga remaja jalanan. Alasan para remaja yang jadi PSK karena faktor instan.

“Jika dulu PSK beralasan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kini sudah bergeser. Para PSK remaja karena ingin mendapatkan kemewahan secara instant,” tuturnya.

Kondisi ini juga diakui Camat Cileungsi, Ade Yana Mulyana. Menurutnya, perkembangan yang pesat ini harus diimbangi peningkatan moral masyarakatnya. Sebab, gaya hidup remaja kini cenderung hedonisme. "Perkembangan ini harus diimbangi peningkatan moralitas," katanya.

Sementara itu, layanan kesehatan reproduksi bagi remaja belum menjadi perhatian serius semua pihak. Dimana kehamilan tak diinginkan masih terus bertambah, meski usia kehamilan termuda menurun. 

“Remaja yang melahirkan masih cukup banyak,” ujar Aninggsih, bidan yang praktek di Perum Griya Kenari Mas, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi.

Dia mengatakan, sejumlah bidan yang kerap menangani remaja dengan kehamilan tidak diinginkan, rata-rata merasakan rumitnya tata laksana pemeriksaan dan persalinan remaja. Padahal, bidan harus menekan angka kematian ibu melahirkan.

CILEUNGSI - Maraknya tempat hiburan malam di Cileungsi, membuat pergaulan bebas di wilayah di timur Kabupaten Bogor ini tak terbendung lagi. Tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News