Di Cirebon, Ada Desa Belum Berlistrik

Sebanyak 339 Rumah Sabar Menanti Penerangan Listrik

Di Cirebon, Ada Desa Belum Berlistrik
Di Cirebon, Ada Desa Belum Berlistrik
TALUN - Meski Dinas pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDAP) sudah meluncurkan program listrik masuk desa, ternyata masih ada desa yang hingga kini warganya belum menikmati listrik. Seperti yang terjadi di Desa Cempaka Kecamatan Talun. Kuwu Desa Cempaka, Hana Sujana kepada Radar mengaku warganya saat ini belum semuanya bisa menikmati listrik secara mandiri, padahal sarana penerangan berupa listrik ini sangat diperlukan untuk penerangan.

Menurut Hana,  dari 399 rumah yang membutuhkan listrik sampai saat ini pemkab Cirebon baru membantu listrik gratis kepada 60 rumah, sedangkan sisanya sampai saat ini belum mendapatkan kepastian kapan mereka bisa menikmati listrik gratis dari pemerintah. "Bantuan listrik gratis untuk 60 ini kami terima tahun 2007, sedangkan sisannya sampai saat ini belum ada kejelasan, dan tahun 2009 juga tidak ada informasi akan mendapat listrik gratis. Padahal di koran pernah muncul tahun ini ada program listrik masuk desa secara gratis," ungkapnya.

Pihaknya berharap, kalaupun tahun sekarang tidak mendapatkan, tahun 2010 mendatang  bisa dialokasikan untuk warga Desa Cempaka. Karena mereka masih belum mampu untuk memiliki sambungan listrik sendiri karena biayanya mahal. Sementara itu, Camat Talun, Zaenal Abidin SE MM berharap DPSDAP bisa mengalokasikan Desa Cempaka untuk mendapatkan aliran listrik secara gratis. Apalagi letak Desa Cempaka khususnya Kecamatamn Talun berdekatan langsung dengan Kota Cirebon. "Kami berharap pemkab melalui PSDAP untuk memprioritaskan  desa yang berbatasan langsung dengan Kota Cirebon. Jangan sampai desa-desa ini banyak warganya yang tidak memiliki saluran listrik di rumahnya," harapnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDAP) Drs Achsanudin Adi MM melalui Kabid Pertembangan dan Energi, Ahmad Subana MM kepada Radar pernah menjelaskan jika saat ini banyak kepala keluarga (KK) yang belum mampu membuat sambungan listrik ke rumahnya. salahsatu alasannya karena mereka  berasal dari keluarga prasejahtera. Untuk membantu warga yang tidak mampu memasang jaringan listrik ke rumahnya, DPSDAP sedang membuat program listrik pedesaan, dengan kata lain listrik masuk desa. Listrik masuk desa ini, diperuntukkan bagi keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera (KS) I sebanyak 206 KK yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Cirebon.

TALUN - Meski Dinas pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDAP) sudah meluncurkan program listrik masuk desa, ternyata masih ada desa yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News