Di Depan Para Perwira, Jokowi Bicara Tegas soal Gesekan TNI-Polri

Di Depan Para Perwira, Jokowi Bicara Tegas soal Gesekan TNI-Polri
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta TNI-Polri solid dan saling bersinergi untuk kemajuan bangsa dan negara. Pria yang akrab disapa Jokowi itu tidak ingin dua institusi negara itu berkonflik seperti yang sering didengarnya dari sejumlah media.

"Antara TNI, Polri dan komponen lainnya harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi anggota institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu membahu. Kadang kita masih mendengar gesekan antara prajurit TNI dan anggota Polri, ke depan hal ini tidak boleh terjadi lagi, harus disudahi," kata Jokowi dalam amanatnya saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2021 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7).

Dalam persaingan dunia yang semakin ketat, kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Menurut Jokowi, Indonesia tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negerinya.

Keberagaman sosial dan budaya harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi. Untuk itu, seluruh komponen bangsa harus bersatu untuk menjadi Indonesia yang kokoh bersaing dalam kompetisi global.

"Saya berpesan antarorganisasi pemerintahan dan kenegaraan harus saling bersinergi dan saling mendukung," ujar Presiden.

Menurutnya, TNI dan Polri merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Krisis akibat pandemi Covid-19 ini bisa memperkokoh kepedulian dan kegotongroyongan kita, memperkokoh persatuan dan kebersamaan kita, mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja kita, dan juga mempercepat pengembangan teknologi dan industri-industri. Oleh karena itu, saya berpesan kepada saudara-saudara untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan krisis ini dan belajar dari krisis ini untuk ikut serta memperkokoh kebersamaan berlandaskan Pancasila," jelasnya.

Selain itu, eks gubernur DKI Jakarta itu juga berpesan kepada para perwira remaja TNI-Polri yang baru dilantik untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Di dunia kemiliteran, pasti terjadi perkembangan yang luar biasa dalam strategi, taktik, doktrin, hingga sistem persenjataan.

Presiden Joko Widodo menyinggung soal gesekan yang beberapa kali terjadi antara TNI-Polri. Kedua instansi negara itu harusnya bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News