Di DPR RI, Raja Salman Ingin Seperti Raja Faisal

Di DPR RI, Raja Salman Ingin Seperti Raja Faisal
Raja Salman. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulziz al-Saud dipastikan akan menyampaikan pidato saat kunjungan kerja ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Kamis (2/3).

DPR sebagai tuan rumah sudah menyediakan tempat untuk raja berusia 81 tahun itu menyampaikan pidatonya. Sekretaris Jenderal DPR Achmad Djuned mengatakan, Raja Salman ingin melakukan apa yang pernah dilakukan Raja Faisal saat berkunjung ke Indonesia, 47 tahun yang lalu.

“Beliau akan menyampaikan pidato. Beliau ingin ini, agar sama dilakukan oleh raja sebelumnya juga menyampaikan pidato ke DPR pada saat itu,” kata Djuned di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/2).

Dia mengatakan, Kesetjenan DPR sudah mempersiapkan secara teknis, berkaitkan dengan masalah sarana prasarana, keprotokolan, dan kerumahtanggaan selama rangkaian kunjungan Raja Salman nanti. “Jadi ini yang kami persiapkan,” katanya.

Djuned mengatakan, dari sisi keprotokolan, selain anggota DPR dan DPD, ada pula pejabat pemerintah, menteri, duta besar negara sahabat termasuk dari negara Islam yang akan hadir. Selain itu, DPR juga mengundang organsasi keagamaan, PBNU, Muhammadiyah, MUI, Pataya NU dan lain-lain. “Kami juga akan mengundang para rektor perguruan tinggi yang ada,” katanya.

Menurut Djuned, undangan yang akan disebar sekitar 1400. Hanya saja, dia belum bisa memastikan siapa saja yang bakal memenuhi undangan tersebut. Pihaknya tengah melakukan konfirmasi. “Mungkin hari ini sampai besok akan kami cek kembali kepastian-kepastian yang akan hadir,” kata dia.

Dari sisi keamanan, Djuned menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi. Dia menegaskan, sebenarnya Raja Salman adalah tamu presiden. Karenanya, kata dia, pengamannya ada di pasukan pengamanan presiden (paspampres).

Namun, ada juga melibatkan pengamanan lain dari Mabes Polri maupun Polda. “Jadi, TNI-Polri itu untuk pengamanan. Tapi, pengamanan intinya dari paspampres,” katanya. (boy/jpnn)


Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulziz al-Saud dipastikan akan menyampaikan pidato saat kunjungan kerja ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan,


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News