Di Film Garapan Garin Nugroho ini Lagu Wajib Para Komunis pun Lolos Sensor

Di Film Garapan Garin Nugroho ini Lagu Wajib Para Komunis pun Lolos Sensor
Foto: Dok. Pic(k)lock Films & MSH Films

jpnn.com - REZA Rahadian, yang berperan sebagai H.O.S Tjokroaminoto, mengatakan, kepalanya seperti mau pecah saat syuting film Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Dia menambahkan, ketika proses produksi film yang akan rilis 9 April mendatang itu, sutradara Garin Nugroho sering mengganti dialog sesaat sebelum pengambilan gambar. Tidak hanya Reza, Deva Mahendra (Koesno/Soekarno) juga merasakan hal yang sama.

Ketika baru saja sampai di lokasi syuting dan berkostum rapi, Garin menanyakan kesiapan Deva dengan hafalan dialognya. Kemudian sutradara bertangan dingin itu mengatakan bahwa dialog diganti dengan yang baru.

’’Chelsea (Chelsea Islan) dikasih tahu pas masih di mobil, tapi lebih nyakitin saya, dikasih tahu on the spot,’’ ungkap Deva kemudian tertawa.

Garin mengatakan, dalam proses syuting film Guru Bangsa Tjokroaminoto itu, dirinya memang ’’menyiksa’’ para pemain yang terlibat. Tapi, hal tersebut dinilai Reza justru membuat sutradara dan pemain semakin dekat dan saling mengerti. Garin sering berdiskusi dengan pemain tentang gesture dan dialog yang paling cocok.

Menurut sutradara yang telah banyak meraih penghargaan itu, semua pemain, bahkan figuran, berakting sangat bagus. Meski menceritakan kisah sejarah, Garin tetap memasukkan unsur-unsur fiktif sebagai penguat cerita. Misalnya, peran penjual kursi dan asisten rumah tangga H.O.S Tjokroaminoto, Mbok Tambeng, yang diperankan Christine Hakim.

Menurut Garin, sosok Mbok Tambeng sebenarnya memang punya kisah sendiri, namun tidak ada hubungannya dengan H.O.S Tjokroaminoto. Meski demikian, dia sangat mengapresiasi akting Christine. Bahkan, ketika harus memotong 30 persen adegan Mbok Tambeng karena durasi, Garin sangat menyesal.

Padahal, akting bintang film Eat, Pray, Love itu sangat bagus. ’’Akting terbaik saya buang ke tempat sampah. Hahaha. Demi sama rasa dan sama rata,’’ tegas Garin. Saat Garin mengatakan hal itu, Christine hanya bisa tertawa-tawa.

REZA Rahadian, yang berperan sebagai H.O.S Tjokroaminoto, mengatakan, kepalanya seperti mau pecah saat syuting film Guru Bangsa Tjokroaminoto. Dia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News