Di Hadapan Peserta Pelatihan PAKU Integritas, Ary Ginanjar Berbagi Kisah Kejujuran

Di Hadapan Peserta Pelatihan PAKU Integritas, Ary Ginanjar Berbagi Kisah Kejujuran
Di hadapan peserta pelatihan PAKU Integritas yang digagas KPK, Ary Ginanjar berbagi kisah kejujuran. Foto: ESQ

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian, dalam pelatihan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas).

Pelatihan ini diikuti oleh 24 pejabat negara dari 12 kabupaten/kota yang terdiri dari para Penjabat Bupati, Wali kota dan Ketua DPRD beserta pasangan.

Program PAKU Integritas merupakan upaya KPK dalam pencegahan korupsi di daerah melalui penguatan tata kelola yang baik dalam aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP).

Di hadapan para peserta, Ary Ginanjar memberikan kisah Jaksa Agung yang legendaris Baharuddin Lopa (Barlop) yang menurutnya bisa diambil pelajaran.

"Pak Baharuddin Lopa memiliki kejujuran yang luar biasa. Banyak kisah-kisah kejujuran yang beliau contohkan dan bisa jadi pelajaran untuk saya," ujar Ary.

Dia lalu mengisahkan saat Baharuddin Lopa terkejut mengetahui bensin mobilnya sudah terisi penuh seusai mengunjungi seorang pejabat. Dia lantas memerintahkan sang sopir untuk menyedot dan mengembalikan bensinnya.

"Dari kisah ini mengajarkan bahwa kejujuran dan komitmen terhadap nilai-nilai menjadi landasan yang penting dalam kehidupan sehari-harinya Pak Barlop," tuturnya.

Pendiri Menara 165 itu kemudian menjelaskan perbandingan orang jujur dan koruptor yang sama-sama ingin bahagia, tetapi berbeda pada cara meraih kebahagiaan itu.

Di hadapan peserta pelatihan PAKU Integritas yang digagas KPK, Ary Ginanjar berbagi kisah kejujuran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News