KPK Gandeng ESQ Menggelar Pelatihan PAKU Integritas

KPK Gandeng ESQ Menggelar Pelatihan PAKU Integritas
Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian saat menjadi narasumber pada pelatihan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas), di Jakarta. Foto: dok. ESQ

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng ESQ menggelar pelatihan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Jakarta, Rabu (14/6).

Dalam acara bertema 'Tancapkan Integritas dalam Tiap Langkah Tugas' tersebut, KPK menghadirkan Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian sebagai narasumber.

Peserta pelatihan merupakan aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut hadir mengatakan, PAKU Integritas harus diketahui oleh semua ASN, tidak hanya definisinya, tetapi diresapi dan dilaksanakan dengan baik, khususnya tentang niat.

Semua hal diawali dengan niat dan juga keikhlasan, serta akuntabilitas diawali dengan niat kita sebagai ASN pelayan masyarakat.

"Jadi, orientasi pelayanan itu is a must, dan inilah internalisasi BerAKHLAK sebagai core values ASN," tuturnya.

Sementara itu, Ary Ginanjar menerangkan bahwa meskipun KPK berulang kali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), tetapi korupsi tetap terjadi.

"Terjadinya korupsi merupakan kombinasi dari niat dan kesempatan," ungkap Ary Ginanjar.

KPK menggandeng ESQ menggelar pelatihan PAKU Integritas untuk memperbaiki akhlak ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News