Di Hadapan Ribuan Mahasiswa UGM, Ma’ruf Cahyono: Generasi Muda Harus Paham Konstitusi

Di Hadapan Ribuan Mahasiswa UGM, Ma’ruf Cahyono: Generasi Muda Harus Paham Konstitusi
Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono (kedua dari kiri) dan para pembicara talkshow di Grha Sabha Pramana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (11/9). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JOGJA - Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Dr. H. Ma’ruf Cahyono mengatakan, generasi muda harus paham konstitusi. Pasalnya, menurut Ma’ruf, konstitusi memuat berbagai aturan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Lebih dari itu, di sana (konstitusi, red) juga ada ideologi dan jati diri bangsa. Generasi muda harus paham itu. Generasi muda harus paham konstitusi,” ujar Ma’ruf Cahyono saat menjadi pembicara dalam talkshow dengan tema Ukir Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi di Grha Sabha Pramana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (11/9).

Selain Ma’ruf, acara yang dipandu oleh presenter kondang Valerina Daniel ini menghadirkan narasumber Ketua KPK Agus Raharjo, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof Panut Mulyono.

Ribuan mahasiswa UGM hadir di acara tersebut. Ruang utama Grha Sabha Pramana penuh sesak. Bahkan sebagian ada yang duduk di balkon. Bahkan sejumlah siswa SLTA juga hadir.

Acara tersebut merupakan bagian dari Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019. Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, yang dalam hal ini diwakili oleh tiga peraih gelar juara.

Untuk juara pertama lomba Debat Konstitusi diraih oleh Universitas Sumatera Utara diwakili mahasiswa USU Febry Indra Gunawan. Kemudian hadiah juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting yang dimenangkan UNDIP Semarang diterima oleh mahasiswa UNDIP Farid Ibrahim. Sementara UGM sebagai juara Akademic Constitutional Drafting untuk kategori naskah terbaik, hadiahnya diterima oleh Jery Hutagalung. (sam/jpnn)

 

Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan, konstitusi memuat berbagai aturan kehidupan berbangsa dan bernegara.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News