Di Liberia, Presiden Pecat Seisi Kabinet

Hanya Satu Menteri yang Dipertahankan

Di Liberia, Presiden Pecat Seisi Kabinet
Di Liberia, Presiden Pecat Seisi Kabinet
MONROVIA - Gempa politik tengah melanda Liberia. Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf memecat hampir seluruh menteri di kabinetnya, karena dinilai sudah tidak efektif dan merugikan citranya yang akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden tahun depan. Hanya Edward McClain, Menteri Urusan Kepresidenan, satu-satunya menteri yang dipertahankan.

"Pada Rabu (3/11), Presiden Ellen Johnson Sirleaf meminta seluruh anggota kabinetnya meninggalkan jabatannya segera," tulis siaran pers yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Sirleaf menyatakan bahwa alasannya memecat para menterinya karena kabinetnya sudah terlalu gemuk, sehingga menjadi tidak efektif. Kondisi tersebut tidak menguntungkan posisinya sebagai incumbent yang akan kembali bersaing dalam pilpres tahun depan.

Tak ada alasan lain yang diberikan dalam keterangan pers istana. Namun, perombakan kabinet itu dilakukan di tengah upaya pemberantasan korupsi di negara Afrika Barat tersebut. "Presiden Johnson Sirleaf mengatakan kepada para menteri, bahwa tuntutan masyarakat akan adanya perubahan massal di tubuh pemerintahan telah memasuki tahap kritis," demikian isi siaran pers tersebut.

MONROVIA - Gempa politik tengah melanda Liberia. Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf memecat hampir seluruh menteri di kabinetnya, karena dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News