Di Yogyakarta, Obama: Saya Banyak Disapa 'Bakso, Sate, Nasi Goreng Pak'

Di Yogyakarta, Obama: Saya Banyak Disapa 'Bakso, Sate, Nasi Goreng Pak'
Barack Obama. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama menjadi pembicara utama dalam Kongres Diaspora ke-4 di Hall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7). Dia berpidato kurang lebih satu jam.

Dalam pidatonya, Obama sempat menceritakan mengenai liburannya bersama keluarga di Yogyakarta. Dia mengaku terkesan dengan kemegahan Candi Prambanan dan Borobudur.

Selain itu, Obama menjelaskan, hal yang paling membekas bagi dia adalah keramahan warga di Yogyakarta.

“Saya banyak disapa 'bakso Obama, sate, nasi goreng pak' tapi, saya belum mencoba es cendol dan es kelapa muda," kata Obama.

Dalam pidatonya, dia menyampaikan gagasan mengenai globalisasi dan toleransi. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu Ketua Dewan Kehormatan Diaspora Indonesia Dino Pati Djalal.

Menurut Obama, kunjungannya di Indonesia merupakan hal yang spesial. "Ini adalah perjalanan yang sangat spesial buat saya," ungkapnya.

Sebelum memulai pidatonya, Obama menyapa peserta kongres dengan menggunakan bahasa Indonesia. "Selamat pagi," ucap Obama disambut tepuk tangan dan gemuruh peserta kongres. (gil/jpnn)


Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama menjadi pembicara utama dalam Kongres Diaspora ke-4 di Hall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7). Dia


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News