Diadang Warga, Tim Terpadu Gagal Laksanakan Penertiban

Diadang Warga, Tim Terpadu Gagal Laksanakan Penertiban
Warga berupaya mengadang petugas saat penertiban ruli di Bukit Timur, Tanjunguma, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (13/7). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Tim Terpadu Kota Batam terpaksa menunda penertiban rumah liar (ruli) di Bukit Timur, Tanjunguma, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (13/7).

Itu setelah, tim mendapat perlawanan dari warga yang mendiami lahan milik PT Wira Nata Tantama.

Penertiban ruli di lahan seluas 3 hektare itu merupakan ketiga kalinya.

Sebelum melaksanakan penertiban, Tim Terpadu berkumpul di area parkiran Foodcourt J8, depan DC Mall sekitar pukul 07.00 WIB.

Namun, Tim Terpadu baru bisa bergerak masuk ke Bukit Timur sekitar pukul 11.00 WIB, karena Tim Terpadu terlebih dahulu menyusun rencana yang cermat dalam menghadapi warga.

Sesampainya di lokasi bekas penertiban yang pertama dan kedua, ratusan warga langsung menghadadang Tim Terpadu yang berjumlah ratusan personel dan tiga alat berat. Di sana, beberapa warga mengajak Tim Terpadu untuk melakukan mediasi agar Tim Terpadu membatalkan pebertiban itu.

Namun, usaha warga dalam melakukan mediasi tidak membuahkan hasil. Sehingga, Tim Terpadu yang dikomandoi Kompol I Putu Bayu Pati memerintahkan kepada operator alat berat melalui pengeras suara untuk bersiap-siap melaksanakan penertiban.

Mendengar arahan itu, warga pun kemudian melakukan perlawanan. Beberapa perempuan muda dan tua menghadang tiga alat berat yang disiapkan dengan cara duduk di depan alat berat tersebut. Mendapati hadangan itu, Tim Terpadu tidak bisa berbuat banyak, sehingga negosiasi kembali dilaksanakan.

Tim Terpadu Kota Batam terpaksa menunda penertiban rumah liar (ruli) di Bukit Timur, Tanjunguma, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (13/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News