Dialog Berbumbu Jotos dan Botol

Dialog Berbumbu Jotos dan Botol
Dialog Berbumbu Jotos dan Botol

jpnn.com - TAIPEI - Wakil rakyat di Taiwan punya bahasa sendiri dalam mencapai musyawarah untuk mufakat. Alih-alih mengedepankan dialog dan argumentasi, mereka justru saling tukar jotos dan melempar botol air mineral. Itu terjadi kemarin saat wakil rakyat yang terhormat tersebut mengadakan voting untuk memutuskan referendum soal pembangunan reaktor nuklir di dekat Taipei.

Reaktor itu memang isu sensitif di Taiwan. Keamanannya dipertanyakan dan menghantui sebagian warga. Sebab, sebelumnya, ada fasilitas nuklir di Fukushima, Jepang, yang hancur lantaran diguncang gempa.

Taiwan sendiri beberapa kali dilanda gempa. Misalnya, yang berkekuatan 6,1 skala Richter pada Maret lalu. Reaktor bernama Nuke tersebut adalah reaktor keempat di Taiwan. Pembangunannya sudah berlangsung sepuluh tahun dan hampir selesai.

Tapi, pihak oposisi, Partai Demokratik Progresif menolak proyek itu. Kegigihan menolak itulah yang berujung pada perkelahian kemarin yang sejatinya sudah diprediksi itu. (BBC/cak/c16/dos)


Berita Selanjutnya:
Uruguay Siap Legalkan Ganja

TAIPEI - Wakil rakyat di Taiwan punya bahasa sendiri dalam mencapai musyawarah untuk mufakat. Alih-alih mengedepankan dialog dan argumentasi, mereka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News