Diantar Ibunya yang Nonmuslim, Bocah 8 Tahun Itu Masuk Islam

Diantar Ibunya yang Nonmuslim, Bocah 8 Tahun Itu Masuk Islam
Yogi Setiady didampingi ibunya saat mengucapkan dua kalimat syahadat di depan Kepala KUA Delta Pawan, M Syafi'ie Huddin. Foto: from PONTIANAK POST

jpnn.com, KETAPANG - Namanya Yogi Setiady. Kamis (5/10) kemarin, dia diantar ibu kandungnya yang nonmuslim ke kantor urusan agama (KUA) Delta Pawan, Ketapang Kalimantan Barat. Bocah delapan tahun itu masuk Islam.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Delta Pawan, M Syafi'ie Huddin membenarkan kejadian tersebut. Yogi adalah murid kelas 2 di sebuah sekolah dasar negeri di Ketapang. "Nama anak itu Yogi Setiady. Umurnya baru delapan tahun, kelas 2 SD. Yang mengantar ke sini (kantor KUA) ibunya, namanya Eriyanti," kata Syafi'ie kepada Pontianak Post, Jumat (6/10).

Syafi'ie menceritakan, sebelumnya memang ada seseorang yang mengambil formulir untuk masuk Islam. Namun, dia mengaku hal itu sudah biasa sehingga dia pun tak terlalu terkejut. "Biasanya jika ada yang mengambil formulir untuk menjadi mualaf itu remaja yang ingin menikah namun terbentur karena beda agama. Jadi saya anggap biasa," ujarnya.

Pada Kamis (5/10) sekitar pukul 14.00 WIB, ada seorang ibu dan anak laki-lakinya beserta beberapa orang pria datang ke Kantor KUA Delta Pawan. Rupanya orang yang mengambil formulir sebelumnya itu yang datang. Dia pun bertanya siapa yang akan masuk Islam. "Sempat tidak percaya kalau yang mau masuk Islam itu anak itu, karena usianya masih delapan tahun," ucap Syafi'ie.

Dia pun menanyakan kepada ibunya terkait hal yang mengejutkan tersebut. "Mau diapakan lagi Pak Ustaz, dari dulu memang memaksa mau masuk Islam. Ini kemauannya sendiri sudah dari dulu," ujar Syafi'ie menirukan kalimat ibu Yogi.

Syafi'ie juga mengaku terkejut dengan kemampuan anak tersebut terkait pengetahuan tentang Islam. Yogi sudah menghafal sejumlah surah pendek dalam alquran. Bahkan, dengan fasih bocah tersebut melafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya. "Beberapa doa-doa juga sudah hafal. Bahkan doa untuk kedua orang tuanya," ujarnya.

Tak hanya di situ, bocah tersebut juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan keislaman di surau dan masjid di tempatnya tinggal. Setiap sore juga sering ikut belajar ngaji, bahkan ikut salat. "Kata ibunya setiap Jumat selalu ke masjid ikut salat Jumat. Baju koko dan kopiah pinjam sama temannya," paparnya.

Melihat keinginan anak tersebut memeluk dan belajar ilmu tentang Islam, Syafi'ie mengaku sangat terharu. "Saya sudah 19 tahun bertugas di sini, baru kal ini ada anak yang belum baligh mau masuk Islam atas kehendaknya sendiri, dan kemauannya juga luar biasa. Bahkan saat saya tanya ketika besar nanti mau jadi apa, dengan yakin anak itu menjawab ingin menjadi ustaz," ujarnya.

Lahir dari orang tua nonmuslim, bocah 8 tahun itu masuk islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News