Dibuat Lima Tahun, Ludes Sesaat

Dibuat Lima Tahun, Ludes Sesaat
TAK BISA DISELAMATKAN: Kobaran api meludeskan KRI Kelewang 625 di dermaga Lanal Banyuwangi. Foto: GALIH COKRO/JAWA POS RADAR BANYUWANGI
JAKARTA - KRI Klewang 625 tergolong kapal supercanggih milik TNI AL. Kapal cepat rudal seharga Rp114 miliar dari APBN ini dilengkapi empat peluru kendali dengan daya jelajah hingga radius 120 kilometer.

Kapal ini tergolong canggih karena tidak mudah dikenal dan tidak bisa dideteksi radar lawan. Kapal ini tidak mudah terdeteksi radar karena tidak dibangun menggunakan baja melainkan menggunakan composite dengan kemampuan stealth. Bahan utama kapal ini menggunakan serat karbon yang sebagian besar diimpor dari Cina.

Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Pertama Sayyid Anwar pernah mengatakan,  meski kapal ini ditempatkan di Armada Timur, Surabaya, namun operasinya bisa menjelalah di seluruh perairan Indonesia, baik kawasan barat maupun timur.

KRI ini buatan dalam negeri, yakni PT. Lundin Industry Invest, di Klatak, Kalipuro, Banyuwangi, Jatim. Pihak perusahaan membutuhkan waktu lima tahun untuk pembuatan kapal ini, mulai perencanaan, riset, hingga proses pembuatan.

JAKARTA - KRI Klewang 625 tergolong kapal supercanggih milik TNI AL. Kapal cepat rudal seharga Rp114 miliar dari APBN ini dilengkapi empat peluru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News