Dibuka Gangnam Style, Ditutup Instrumen Tradisional Sanjo

Dibuka Gangnam Style, Ditutup Instrumen Tradisional Sanjo
Foto: istimewa
Di Negeri Ginseng, pertemuan diformat di Jeju, pulau wisata alam Korea yang terdaftar di tujuh keajaiban dunia. Titelnya “Joint Working Level Task Force on Economic Cooperation, Korea-Indonesia Jeju Initiative” 11-12 Oktober. Menko Hatta Rajasa pun mengawali pembicaraan investasi yang serius itu dengan demam Gangnam Style di Indonesia.

Di depan rombongan yang dipimpin Minister of Knowledge Economy Sukwoo Hong, Hatta pun menceritakan hebohnya goyang kuda yang dipopulerkan penyanyi hip hop Korea, Psy yang bernama asli Park Jae Sang, 35 tahun itu. Dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua, mengenal dengan fasih lagu Gangnam Style yang bernuansa jenaka itu.

Tentu saja, pejabat-pejabat Korea yang mengikuti Jeju Initiative itu tertawa keras dan bertepuk tangan. Suasana yang kaku dan serius itu pun melelah menjadi sangat cair. Hatta semula juga tidak terlalu ngeh dengan video Gangnam Style yang sejak di up load di youtube 16 Juli 2012 itu sudah di klik oleh hampir 473 juta viewers itu.

Jogetan mirip rodeo yang dipopulerkan oleh alumni Boston University dan Berklee College of Music AS itu rupanya sudah merakyat di Korea. Gangnam adalah kawasan segitiga emas di Seoul, yakni Gan-nam-gu, Seo-cho-gu dan Song-pa-gu. Kawasan elite, seperti Manhattan, New York, atau Beverly Hills, Orange County California AS.

Di Negeri Ginseng, pertemuan diformat di Jeju, pulau wisata alam Korea yang terdaftar di tujuh keajaiban dunia. Titelnya “Joint Working Level

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News