Diburu Amerika, Tanker Iran Putar Arah ke Turki

Diburu Amerika, Tanker Iran Putar Arah ke Turki
Supertanker Grace 1. Foto: RAF/EPA

jpnn.com, TEHRAN - Tanker berbendera Iran, Adrian Darya kembali berubah haluan dan berlayar menuju Turki, Jumat (30/8). Ini adalah ketiga kalinya kapal yang sebelumnya bernama Grace 1 itu berubah arah sejak dibebaskan dari penahanan di Gibraltar dua pekan lalu.

Situs pelacakan Lalu Lintas Marinir mencatat bahwa kapal itu sekarang menuju Pelabuhan Iskenderun di bagian tenggara Turki. Iskenderun berlokasi kira-kira 200 km di utara kilang Baniya di Suriah yang diduga tujuan sebenarnya kapal tersebut sebelum ditahan.

Mengangkut dua juta barel minyak, Adrian Darya dibebaskan dari penahanan di Gibraltar pada pertengahan Agustus. Penahanan sendiri dilakukan atas perintah Inggris yang menduga kapal tersebut melanggar sanksi Uni Eropa karena membawa minyak ke Suriah.

BACA JUGA: Lepas dari Inggris, Supertanker Iran Diburu Amerika

Pascabebas, Adrian Darya jadi buruan Amerika Serikat yang menuduhnya dikendalikan Garda Revolusi Iran. Washington telah memperingatkan negara-negara di kawasan Teluk untuk tidak membantu kapal itu.

Seorang juru bicara pemerintah Iran pada Senin (26/8)  mengatakan bahwa minyak di atas kapal tanker tersebut sudah dijual. Sementara pemilik kapal, yang identitasnya tidak dia ungkapkan, akan memutuskan tujuannya. (ant/dil/jpnn)


Tanker berbendera Iran, Adrian Darya kembali berubah haluan dan berlayar menuju Turki, Jumat (30/8). Ini adalah ketiga kalinya kapal yang sebelumnya bernama Grace 1 itu berubah arah


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News