Dicari 10 Ribu Habibie Muda di School Digital Leaders Bootcamp 2023, Yuk Daftar 

Dicari 10 Ribu Habibie Muda di School Digital Leaders Bootcamp 2023, Yuk Daftar 
Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Iwan Syahril saat memaparkan mengenai school digiral leaders 2023. Foto: Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Transformasi digital di sektor pendidikan terbukti memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama bagi siswa dan guru. 

Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional Dr. Ilham A. Habibie, MBA, menyampaikan dalam jangka panjang, transformasi digital dapat memberikan kesempatan sama bagi semua orang memperoleh pendidikan terbaik dan meningkatkan kualitas dirinya.

Hal tersebut selaras dengan tiga pokok kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yaitu membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi, berkolaborasi dengan lintas pihak, dan menggunakan data serta inovasi teknologi sebagai acuan kebijakan dan pola pembelajaran.

Salah satu aspek penting dalam proses transformasi digital adalah keberadaan pemimpin digital.

“Keberhasilan transformasi digital pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, seperti ketersediaan sumber daya manusia, dukungan teknologi, namun yang paling penting adalah kepemimpinan digital,” papar Ilham Habibie dalam Kick Off School Digital Leaders Bootcamp 2023.

Pada kesempatan sama, Dirjen PAUD, Dikdasmen Kemendikbudristek Iwan Syahril mengatakan pemimpin digital di sekolah paling tidak harus memiliki empat karakter utama, yaitu problem solver, kolaboratif, mencintai belajar, dan berfokus pada siswa. 

"Karakter ini yang kami harapkan bisa dimiliki sebanyak mungkin kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru,” terang Dirjen Iwan.

Di sisi lain, untuk mendukung misi 10 ribu Habibie Muda, ORBIT360, perusahaan yang fokus pada digitalisasi pendidikan, menyelenggarakan School Digital Leaders Bootcamp 2023.

Dicari 10 ribu Habibie Muda di School Digital Leaders Bootcamp 2023, yuk daftar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News