Dicari Lahan Tebu 400 Ribu Hektar

Dicari Lahan Tebu 400 Ribu Hektar
Dicari Lahan Tebu 400 Ribu Hektar
JAKARTA -  Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari lahan yang cocok untuk dijadikan kebun tebu seluas 400 ribu hektar. Langkah ini, menurut dia, sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada gula. Hanya saja, menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu belum bisa memastikan di daerah mana saja yang akan dipilih sebagai lahan kebun tebu itu.

“Kita lihat dimana nanti. Belum tahu saya karena kalau tebu itu kan bisa di pulau Jawa, Sumatera, Papua, Maluku, nanti kita lihatlah. Ini penting, kalau tidak, nanti kita impor terus sehingga harga tak terkendali. Rakyat kita menjadi kesulitan,” kata Zulkifli usai membuka lokakarya konservasi harimau di Gedung Manggala Wana Bakti di Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Saat ini menurut Zulkifli, Indonesia harus mengimpor gula sekitar 2 juta ton per tahunnya untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. Karena itu kata dia, dengan lahan 400 ribu hektar lahan tebu yang direncanakan pemerintah, Indonesia tidak akan mengimpor gula lagi.

Zulkifli mengatakan, penyediaan lahan itu dibebankan kepada Departemen Kehutanan atas permintaan empat menteri terkait yakni Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri  Perinustrian dan Menteri BUMN ,agar Indonesia tidak kesulitan lagi untuk penyediaan gula.

JAKARTA -  Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari lahan yang cocok untuk dijadikan kebun tebu seluas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News