Dicari! Pengganti Irjen Heru Winarko di KPK

Dicari! Pengganti Irjen Heru Winarko di KPK
Heru Winarko (kiri) resmi menjadi Kepala BNN, menggantikan Budi Waseso (tengah) yang memasuki masa pensiun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo mengatakan, pihaknya akan segera mencari pengganti deputi penindakan yang ditinggalkan Irjen Heru Winarko, karena dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Untuk sementara, posisi tersebut akan dijalankan oleh pelaksana tugas (plt) yang diambilkan dari salah satu direktur di bawah deputi penindakan.

"Tapi segera akan kami lakukan tes (deputi penindakan baru). Enggak lama," ucap Agus di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3).

Dia berharap pada 9 Maret mendatang KPK sudah mendapatkan lembaga yang akan menguji para calon pengganti Heru. Sebab, prosesnya melalui tender terlebih dahulu.

Terkait para calon apakah masih dari kepolisian atau kejaksaan, Agus menyebutkan prosesnya akan terbuka untuk kedua institusi tersebut, maupun bagi kandidat dari internal KPK.

"Biasanya, dari dulu deputi penindakan kalau enggak polisi, jaksa. Ganti-gantian. Nanti kami undang kejaksaan, kepolisian. Kemudian kami lihat nanti," tambah mantan ketua LKPP ini. (fat/jpnn)


KPK segera melakukan tes untuk mendapatkan pengganti Heru Winarko. Bisa dari kepolisian, kejaksaan atau internal lembaga antirasuah.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News