Didesak Mundur oleh Mantan Presiden

Didesak Mundur oleh Mantan Presiden
Foto : AFP
MANILA - Rencana Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo memburu posisi di Kongres dikritik keras Fidel Ramos. Rabu (2/12), mantan presiden Filipina itu menegaskan bahwa dengan berkampanye untuk Kongres selagi menjabat sebagai kepala pemerintahan akan mendatangkan keuntungan yang tidak adil baginya.

   

"Demi fair play, GMA (sebutan untuk Arroyo) harus mundur dari kursi kepresidenan supaya tidak membuat bingung calon penantangnya di Provinsi Pampanga," kata Ramos sesaat sebelum bertolak ke Australia untuk mendatangi konferensi internasional kemarin. Kepada Agence France-Presse, tokoh 81 tahun itu menyebut motif Arroyo misterius.

   

Sebagai presiden, kata Ramos, Arroyo juga menjabat sebagai komandan tertinggi angkatan darat. Dia juga punya wewenang untuk memilih dan memberhentikan pejabat negara. Demikian juga dengan anggaran pemerintah. Arroyo-lah yang berkuasa mengeluarkan atau menahan dana. Karena itu, Arroyo bakal menjadi calon anggota Kongres yang paling ditakuti lawan-lawannya.

   

Sebelumnya, para politisi Filipina yang berseberangan dengan Arroyo juga sudah melontarkan kritik. Sebagian besar menyebut pemimpin 62 tahun itu haus kekuasaan. Mereka yakin, Arroyo hanya akan memanfaatkan Kongres sebagai kendaraan menuju kursi Perdana Menteri (PM) yang sebelumnya tidak ada pada struktur kepemimpinan Filipina.

     

MANILA - Rencana Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo memburu posisi di Kongres dikritik keras Fidel Ramos. Rabu (2/12), mantan presiden Filipina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News