Didukung Loyalis Khadafi, Petinggi ISIS Pindah ke Libya

Didukung Loyalis Khadafi, Petinggi ISIS Pindah ke Libya
Petinggi ISIS pindah ke Lybia karena terdesak serangan. Foto: AFP

jpnn.com - SIRTE - Sejumlah petinggi Negara Islam atau ISIS di Irak dan Suriah dilaporkan telah pindah ke Libya. Bahkan, kini mereka telah berada di kota Sirte yang dikuasai ISIS sejak tahun lalu.

Seperti dilansir BBC Newsnight, pejabat intelijen Libya menuturkan pindahnya pimpinan ISIS ini karena mendapat dukungan dari loyalis mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi.  

Kepala intelijen kota Misrata, Ismail Shukri, menyatakan kepada Newsnight bahwa anggota ISIS yang paling banyak tiba di Libya beberapa bulan terakhir adalah orang asing. 

“Jumlah orang asing ini mencapai 70 persen. Sebagian besar dari mereka berasal dari Tunisia, Mesir, Sudan dan Aljazair,” katanya

Sementara yang berasal dari Irak adalah para mantan tentara Saddam Hussein.

Shukri mengungkapkan mengungsinya komandan ISIS ke Libya, karena terdesak oleh serangan udara di Irak dan Suriah. “Mereka melihat Libya sebagai tempat berlindung yang aman,” tuturnya.

Pejabat pemerintah di Misrata sendiri mengklaim bahwa mereka sedang mempersiapkan serangan ke basis ISIS di Sirte.

Namun, di kota Abugrein yang merupakan perbatasan antara wilayah yang masih ‘dikuasai’ Libya dan ISIS sekitar 120 km di selatan Misrata, belum terlihat adanya tanda-tanda serangan yang dilakukan pemerintah Libya.(ray/jpnn)

SIRTE - Sejumlah petinggi Negara Islam atau ISIS di Irak dan Suriah dilaporkan telah pindah ke Libya. Bahkan, kini mereka telah berada di kota Sirte


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News