Diet Seimbang Vs Keto, Mana yang Lebih Baik?

Diet Seimbang Vs Keto, Mana yang Lebih Baik?
Menu diet keto. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Banyak diet populer lain yang saat ini berkembang di masyarakat. Namun beberapa di antaranya terbukti tidak bermanfaat, bahkan memiliki efek samping.

Pada prinsipnya, diet seimbang merupakan penerapan pola konsumsi yang terdiri dari kombinasi makanan dengan komposisi seimbang dan beragam. Mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat, dan air.

Salah satu jenis diet yang saat ini paling berkembang adalah diet ketogenik.

Diet ketogenik merupakan salah satu jenis diet yang pada pelaksanaannya tidak dianjurkan tanpa adanya pengawasan dokter. Pasalnya, diet jenis ini bisa menyebabkan efek samping sesaat, maupun efek samping penyakit di masa mendatang.

Bagaimana dengan diet seimbang? Ternyata, diet seimbang memberikan manfaat yang mirip dengan diet ketogenik. Bedanya, diet seimbang tidak memiliki efek samping seperti diet ketogenik.

Penelitian menyebutkan, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan yang bermakna antara perubahan berat badan, risiko penyakit kardiovaskular, dan risiko diabetes pada orang yang melaksanakan diet seimbang dan diet ketogenik.

Jadi, apakah Anda tertarik menerapkan diet seimbang (balanced diet) untuk mendapatkan tubuh bugar dan ideal? Jika ya, ingatlah untuk melakukannya secara berkelanjutan dan sesuai aturan agar hasilnya maksimal.(NB/RVS/klikdokter)


Salah satu jenis diet yang saat ini paling berkembang adalah diet ketogenik. Lalu mana yang lebih baik dilakukan dibanding diet seimbang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News