Diganjar 2,5 Tahun Akibat Macan Kertas

Diganjar 2,5 Tahun Akibat Macan Kertas
Diganjar 2,5 Tahun Akibat Macan Kertas
BEIJING - Melayang sudah impian Zhou Zhenglong untuk meraup CNY 1 juta (sekitar Rp 1,35 miliar) dari pemerintah Tiongkok sebagai hadiah sayembara menemukan macan langka. Petani itu Sabtu (27/9) lalu justru diganjar penjara 2,5 tahun plus denda CNY 2 ribu (sekitar Rp 2,7 juta) karena terbukti melakukan aksi tipu-tipu.

Dalam sidang di Pengadilan Xunyang, Provinsi Shaanxi, terungkap, demi mendapatkan hadiah jutaan yuan itu, Zhou curang. Dalam sayembara disebutkan, bagi siapa pun yang berhasil menemukan macan langka Tiongkok Selatan di hutan belantara, disediakan hadiah besar. Macan tersebut tak terlihat lagi sejak 20 tahun belakangan.

Tergiur hadiah itu, Oktober tahun lalu Zhou ke hutan Shaanxi. Sepulang dari perjalanan ke belantara tersebut, dia mengaku melihat macan langka. Untuk menguatkan omongannya, Zhou menunjukkan belasan foto-foto macan yang dimaksud. Departemen Kehutanan terpedaya bualan Zhou. Dia dihadiahi uang CNY 20 ribu (sekitar Rp 27 juta).

Sepandai-pandai Zhou menyembunyikan rahasia, belangnya terkuak juga. Adalah komunitas online Tiongkok yang menguak kebohongan Zhou. Mereka melihat kejanggalan dari foto-foto yang dibeberkan Zhou. Warna macan itu berkilauan, ekspresinya tidak berubah, dan tak beranjak sedikit pun dari tempatnya.

BEIJING - Melayang sudah impian Zhou Zhenglong untuk meraup CNY 1 juta (sekitar Rp 1,35 miliar) dari pemerintah Tiongkok sebagai hadiah sayembara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News