Dihadiri Ratusan Muda Mudi, Bona Taon Ambarita Kental Nuansa Budaya Batak

Dihadiri Ratusan Muda Mudi, Bona Taon Ambarita Kental Nuansa Budaya Batak
Lebih dari 1.700 anggota atau keluarga Raja Ambarita dohot Boruna berkumpul di Gedung Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta Timur, Minggu (12/3). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari 1.700 anggota atau keluarga Raja Ambarita dohot Boruna berkumpul di Gedung Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta Timur, Minggu (12/3).

Ribuan orang dari bangso Batak rumpun marga Silau Raja ini menghelat resepsi syukur di awal tahun atau Pesta Bona Taon 2023, sekaligus pemilihan Ketua Parsadaan Pomparan Ambarita Raja dohot Boruna (PPARB) yang baru.

Pemilihan Ketua PPARB masa bakti 2020 - 2023 berganti dari MTH Ambarita ke R. Ambarita untuk Ketua PPARB masa bakti 2023-2026.

Pergantian Ketua PPARB ini secara resmi juga ditandai pemberian bendera pataka lambang kebesaran Ambarita ke pengurus baru.

“Di bawah pengurusan baru sekarang, ajarkan kami dan bimbing kami. Jika dirasa ada yang kurang ke depan tolong sampaikan agar lebih baik lagi kita membesarkan Ambarita. Saya dan pengurus baru juga menyampaikan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada BPH (Badan Pengurus Harian) sebelumnya yang sangat baik membangun organisasi berasaskan keluarga ini,” ucap R Ambarita.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Bona Taon Ambarita se-Jabodetabek, Emhara Ambarita mengucap syukur atas pertemuan Bona Taon ini karena kehadiran anggota Marga di luar dugaan.

Terlebih, banyak marga Ambarita yang masih mengikuti acara dari mulai dari ibadah, prosesi adat; tudu sipanganon, manjalo tua ni gondang hingga tarian tor-tor dari seluruh wilayah Jabodetabek. Tampil pula paduan suara dari keluarga Ambarita Pasar Minggu.

“Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada tim panitia yang mayoritas diisi muda- mudi. Ini menandakan regenerasi adat di Ambarita berjalan. Mereka tak meninggalkan budaya dan akar mereka sebagai orang Batak. Yang muda, yang berkarya,” ucap Emhara.

Lebih dari 1.700 anggota atau keluarga Raja Ambarita dohot Boruna berkumpul di Gedung Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta Timur, Minggu (12/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News