Diikuti 103 Kabupaten, Program I-SIM PT Surveyor Indonesia Sasar Target SDGs 2030

Diikuti 103 Kabupaten, Program I-SIM PT Surveyor Indonesia Sasar Target SDGs 2030
Pekerja PT Surveyor Indonesia (PTSI) Ilustrasi. Foto dok PTSI

jpnn.com, JAKARTA - PT Surveyor Indonesia (PTSI) meluncurkan program Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Regency pada Juli 2023.

Ini menjadi program kedua, setelah PTSI sebelumnya sukses melalui I-SIM for Cities.

I-SIM merupakan program inisiatif berskema rating & awarding untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi multi-stakeholders ekosistem SDGs Indonesia di tingkat Kabupaten.

Surveyor Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Bappenas dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD).

Program ini selaras dengan Perpres 111 Tahun 2022, tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pasal 3.

Dalam pasal tersebut diamanatkan sasaran TPB nasional 2024 digunakan sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi RAD TPB bersama dengan kementerian terkait.

"Pemerintah daerah adalah salah satu aktor penting dalam ketercapaian Agenda Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030," ujar Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono.

Program I-SIM for Regencies 2023 tercatat diikuti oleh 103 Kabupaten di Indonesia. Kini, program ini memasuki tahap verifikasi dan validasi data 157 indikator ISIM.

Surveyor Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Bappenas dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan KPPOD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News