Dijebak Gibran Pakai SGIE, Cak Imin Malah Panen Pujian di Medsos

Dijebak Gibran Pakai SGIE, Cak Imin Malah Panen Pujian di Medsos
Cawapres Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin dalam debat perdana cawapres pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Malu bertanya sesat di jalan, mungkin peribahasa tersebut paling cocok untuk menggambarkan sikap calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat dicecar pertanyaan "menjebak" dari cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Alih-alih berdalih seolah mengetahui apa yang dimaksud dengan pertanyaan Gibran soal State of Global Islamic Economy (SGIE), Cak Imin secara jujur mengaku tidak paham dan meminta cawapres nomor urut 2 itu untuk menjelaskan arti singkatan tersebut.

Sontak, kejujuran Cak Imin mengakui ketidaktahuannya akan arti SGIE memicu reaksi positif dari warganet di platform media sosial.

"Saya bukan pendukung Cak Imin. Tapi bagaimana beliau mengakui atas ketidaktahuannya itu adalah satu momen keren," tulis akun @dok****.

"Respect! Engga sungkan bertanya agar jelas maksud dari pertanyaannya," seru akun @citramo****.

"Setidaknya Cak Imin jujur saat bilang tidak paham atas akronim yang disampaikan," kata akun @lukman_***_****.

Di lain sisi, banyak pula komentar negatif dari warganet untuk Gibran yang disebut sengaja menggunakan istilah yang tak umum untuk "menjebak" lawan debatnya.

"Strategi Gibran: tanyakan istilah yang kurang familiar untuk memunculkan kesan lawan kurang pemahaman. Strategi Bapaknya di 2019 dulu gitu juga perasaan," tulis akun @aisyah_****.

Kejujuran Cak Imin mengakui ketidaktahuannya akan arti SGIE yang ditanyakan Gibran, direspons positif oleh warganet di berbagai platform media sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News