Dikaji, Jabatan Eselon I dan II juga Terkena Perampingan Birokrasi

Dikaji, Jabatan Eselon I dan II juga Terkena Perampingan Birokrasi
Suasana raker MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dan jajaranya dengan Komisi II DPR, Senin (18/11). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, perampingan birokrasi bukan hanya menyasar jabatan eselon III, IV dan V. Namun, perampingan juga berpeluang terjadi terhadap jabatan eselon I dan II.

"Jadi begini ya, ini bukan pemangkasan eselonisasi tetapi perampingan, tujuannya adalah untuk mempercepat pelayanan terhadap masyarakat dan mempermudah investasi di daerah," kata Menteri Tjahjo dalam raker Komisi II DPR RI, Senin (18/11).

Dia menyebutkan, perampingan eselon akan dilakukan hati-hati, selektif, dan bertahap.

"Presiden mewanti-wanti saya agar perampingan ini harus hati-hati, selektif, dan bertahap. Makanya saya butuh waktu enam bulan untuk melakukan kajian ini," tuturnya.

Dia menegaskan, keinginan merampingkan birokrasi demi mempercepat prosedur pelayanan masyarakat. Investor sulit masuk ke daerah karena panjangnya birokrasi.

"Yang harus dicatat, tidak semua eselon III, IV, dan V dirampingkan. Masih ada yang dipertahankan. Begitu juga eselon I dan II, tidak semua dipertahankan tetapi dievaluasi apakah perlu dirampingkan atau tidak," tandas Tjahjo Kumolo. (esy/jpnn)



MenPAN RB Tajhjo Kumolo menyebut ada kemungkinan perampingan birokrasi juga dilakukan pada jabatan eselon I dan II.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News