Selasa, 11 Desember 2018 – 16:12 WIB

Dikawal Jet Tiongkok, Kim Jong Un Tiba di Singapura Hari Ini

Minggu, 10 Juni 2018 – 08:13 WIB
Dikawal Jet Tiongkok, Kim Jong Un Tiba di Singapura Hari Ini - JPNN.COM

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Newsweek

jpnn.com, SINGAPURA - Hari ini, Minggu (10/6), Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan menginjakkan kaki di Singapura. Putra bungsu mendiang Kim Jong-il tersebut tidak seperti sang ayah yang aviofobia alias takut naik pesawat. Karena itu, dia dijadwalkan masuk Negeri Singa tersebut dari Bandara Internasional Changi.

Media Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa pemimpin 34 tahun itu akan menumpang pesawat kenegaraan Chammae-1. Media online abc.net menuliskan bahwa pesawat yang oleh surat kabar Barat dijuluki Air Force Un itu mampu menempuh jarak 10.000 kilometer.

Dengan empat mesin, pesawat Ilyushin Il-62M tersebut bisa terbang dengan kecepatan sekitar 900 kilometer per jam.

”Jika dibandingkan dengan Boeing 747-200B, pesawat Il-62M itu terlihat mini. Penampilan luarnya juga kuno. Tapi, interior di dalamnya modern dan fasilitasnya lengkap,” kata seorang pakar penerbangan Korsel kepada BBC.

Chammae-1 itu juga memiliki ruang kerja dan ruang pertemuan. Meski, ruangan-ruangan tersebut tidak seluas milik Presiden AS Donald Trump di Air Force One.

Chammae-1 akan dengan mudah melesat ke Singapura asalkan perawatannya rutin. Menilik kondisi perekonomian Korut dan prioritas pemerintahan Jong-un yang sebelumnya hanya fokus pada nuklir, perawatan pesawat buatan Uni Soviet tersebut mungkin tidak seperti standar baku pesawat kepresidenan negara lain. Karena itu, dalam perjalanan ke Singapura hari ini, Korut akan dikawal Tiongkok.

Kemarin (9/6) South China Morning Port menuliskan bahwa jet tempur Tiongkok akan mengawal Chammae-1 sampai ke tujuan.

Sebenarnya, yang dikhawatirkan bukanlah Chammae-1, melainkan pesawat kargo yang mengangkut barang-barang Jong-un. Konon, Pyongyang menyertakan limusin Jong-un dalam perjalanan tersebut.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar