Dikira Lemas, Macam Tutul Didekati Warga, Langsung Mengaum

Dikira Lemas, Macam Tutul Didekati Warga, Langsung Mengaum
Dikira Lemas, Macam Tutul Didekati Warga, Langsung Mengaum

jpnn.com - CIHAURBEUTI – Seekor macam tutul berkeliaran tak jauh dari permukiman warga di Blok Gondokan Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis, kemarin pagi.

Warga setempat Endang Rosita (46) mengatakan pagi itu, macan ditemukan warga dalam keadaan lemas. Sempat disangka mati. Namun setelah didekati, sang macan mengaum. Warga kemudian melapor ke Polsek Cihaurbeuti.

“Kita lapor dan bersama-sama menangkap hewan itu dengan kapolsek Cihaurbeuti menggunakan tambang,” ujarnya.

Setelah berhasil ditangkap, kata dia, macan langsung diantarkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kabupaten Ciamis oleh warga dan anggota polisi.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Kabupaten Ciamis Djundjun Nurzaman mengatakan macan yang berhasil ditangkap kini telah diberi kandang yang terbuat dari besi. Macan juga diberi pakan berupa seekor ayam yang masih hidup.

Macan diperkirakan baru berusia satu tahun. Memiliki panjang badan 125 sentimeter dan tinggi 45 sentimeter serta berat 20 kilogram.

Menurutnya, kondisi fisik macan cukup mengkhawatirkan. Mata sebelah kiri terlihat seperti katarak. Ada bekas cakaran di kepalanya. Diduga, macan turun ke pemukiman warga setelah saling cakar dengan satwa sejenis.

“Macan tutul ini akan dibawa dan dirawat di Taman Satwa Cikumulan, Kadungora, Garut,” ungkap dia. (obi)


CIHAURBEUTI – Seekor macam tutul berkeliaran tak jauh dari permukiman warga di Blok Gondokan Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News