Dinasti Nusantara Yakin Ganjar Mampu Merawat Kearifan Adat dan Budaya

Dinasti Nusantara Yakin Ganjar Mampu Merawat Kearifan Adat dan Budaya
Dinasti Nusantara di Buton, Sulawesi Tenggara memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BUTON - Para pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan Buton yang berjejaring dalam Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara meyakini Ganjar Pranowo mampu mencegah degradasi adat, seni, dan kebudayaan akibat semakin pesatnya arus globalisasi dan modernisasi.

Hal ini diungkapkan oleh YM Ilyas juru tulis Wasuemba (lembaga adat kerajaan) usai menghadiri acara Silaturahmi Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara di Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Ilyas mengaku miris lantaran keberagaman adat, seni, dan kebudayaan Indonesia semakin hari kian terkikis. Namun dia mendapatkan secercah harapan pasca melihat kinerja Ganjar dan keberpihakannya pada nilai-nilai seni budaya selama memimpin Jawa Tengah dua periode sebagai gubernur.

Kepada para ASN di Jateng, Ganjar selalu menanamkan pentingnya melestarikan budaya leluhur lewat aturan mengenakan pakaian adat nasional.

Ganjar juga menyatakan pentingnya menjaga warisan budaya nenek moyang dan meyakini bahwa pendekatan budaya adalah kunci untuk memperkuat kebangsaan Indonesia.

"Harapannya dia support adat di Nusantara ini yang sudah terlupakan lah. Kalau Pak Ganjar itu pintar, jujur, pokoknya mantap lah. Yakin 100 persen yakin (Ganjar Pranowo bisa menjaga adat seni budaya)," kata Ilyas dalam siaran persnya, Sabtu (18/11).

Pada waktu Covid-19 misalnya, gebrakan Panggung Kahanan yang digagas Ganjar dengan memberikan ruang virtual kepada pelaku seni di Jateng yang saat itu terimbas pandemi berhasil memberi pemasukan secara ekonomi pada mereka.

Ganjar juga berhasil menyatukan raja-raja dan masyarakat adat se-nusantara di Borobudur melalui rangkaian kegiatan Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) II pada Desember 2022.

Dinasti Nusantara meyakini sosok Ganjar Pranowo dapat merawat kearifan adat dan budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News