Dinilai Peduli Lingkungan dan Hutan, APP Raih Penghargaan IGA 2017

Dinilai Peduli Lingkungan dan Hutan, APP Raih Penghargaan IGA 2017
Dari kiri: Hamdan Zoelva, senior advisor the La Tofi School of CSR; Suhendra Wiriadinata, Direktur APP - Sinar Mas; Imam Hendargo, Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan setelah memberikan penghargaan Indonesia Green Award 2017. Foto istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - APP Sinar Mas melalui unit industrinya, Indah Kiat Pulp & Paper dan Pindo Deli Pulp and Paper Mills, meraih penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2017 untuk kategori pengembangan keanekaragaman hayati dan pengembangan pengolaan sampah terpadu.

IGA 2017 ini merupakan penghargaan lingkungan tahunan yang diselenggarakan La Tofi School of CSR ke-8 dan mengusung tema perubahan pada setiap kategori.

APP dinilai berhasil menjadi contoh perusahaan yang terus mengambil inisiatif dalam mempertahankan dan merestorasi keanekaragaman hayati serta senantiasa berinovasi dalam sistem pengolahan sampah di lokasi operasionalnya.

Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, APP membangun sistem Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi atau Integrated Fire Management (IFM).

Melalui sistem deteksi dini ini, APP mengintegrasikan data dari berbagai sumber di lapangan untuk mengetahui apakah titik panas yang terdeteksi merupakan titik api.

“Saat ini APP memiliki 2,700 pemadam terlatih (RPK) dan 2,000 masyarakat peduli api (MPA) di lapangan. Program-program tersebut merupakan komitmen kami dalam mengimbau masyarakat untuk bersama-sama ambil bagian dalam pencegahan kebakaran hutan,” ujar Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata dalam pernyataan persnya, Rabu (3/5).

Suhendra menambahkan, sistem yang telah dibangun juga diperkuat dengan perangkat pendukung di lapangan berupa enam helikopter, tiga di antaranya heli besar sekelas Superpuma untuk menangani fire-spotting dan pemadaman api dari udara (water bombing) dengan kemampuan hingga 4,000 liter.

Guna memaksimalkan kinerja, turut dibangun 80 menara pendeteksi api, dua di antaranya dilengkapi dengan teknologi thermal camera.

APP Sinar Mas melalui unit industrinya, Indah Kiat Pulp & Paper dan Pindo Deli Pulp and Paper Mills, meraih penghargaan Indonesia Green Awards

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News