Dinkes DKI Periksa 39 Orang yang Berkontak Erat dengan Pasien Pertama Omicron

Dinkes DKI Periksa 39 Orang yang Berkontak Erat dengan Pasien Pertama Omicron
Ilustrasi varian Omicron masuk Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta memeriksa 39 orang yang diduga berkontak erat dengan pasien pertama kasus Covid-19 varian Omicron.

"Ada sekian puluh orang kalau enggak salah 39. Kontak eratnya si tuan N ini," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Sabtu (18/12).

Menurut Dwi, pihaknya melacak 39 orang tersebut sejak 16 Desember lalu setelah petugas Wisma Atlet berinisial N dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron.

N dinyatakan positif dan langsung menjalani pemeriksaan whole-genome sequencing (WGS) serta diisolasi.

"Mulai teman yang masih ketemu dengan dia pada tanggal 8 dan 9 sebelum hasil (tes) covid-nya keluar, itu sampai mundur dua minggu sebelumnya sesuai periodenya inkubasi covid. Nah, itu yang dilacak untuk dites swab," kata dia.

Dwi menyebutkan orang yang sempat kontak erat pasien N yang positif Covid-19 telah diisolasi.

"Dari yang di-tracing ada sebagian yang juga positif covid-19 dengan hasil WGS belum keluar. Tadi yang positif tinggal diisolasi saja sambil menunggu hasil WGS-nya," tutur Dwi.

N merupakan pasien Covid-19 varian Omicron pertama di Indonesia.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memeriksa 39 orang yang diduga berkontak erat dengan pasien pertama kasus Covid-19 varian Omicron

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News