Diperlukan Perlindungan Sosial untuk Masyarakat Miskin

Diperlukan Perlindungan Sosial untuk Masyarakat Miskin
Diperlukan Perlindungan Sosial untuk Masyarakat Miskin
JAKARTA – Pemerintah disarankan segera membuat program perlindungan sosial bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dinamisnya pergerakaan angka kemiskinan di Indonesia, sehingga program Jankesmas dan Jamsostek yang ada dianggap belum cukup.

“Kemiskinan itu yang perlu diperhatikan karena masalah kemiskinan ini sangat dinamis, masyarakat yang miskin bisa berubah menjadi masyarakat tidak miskin dengan cepat dan begitu sebaliknya ini sangat unik,” ujar Ekonom Senior Lembaga Pengkajian Ekonomi dan Sosial Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Arianto Patunru di Jakarta, Rabu (11/4).

Arianto mengatakan, pemerintah perlu segera membuat perlindungan sosial yang memadai. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan, sedikit saja ada guncangan di dalam negeri bisa membuat masyarakat yang berada di garis kemiskinan akan terlempar menjadi miskin. “Jadi perlu policy secara keseluruhan yang mengupayakan perlindungan agar ketika jatuh tidak terlalu terjerumus,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk realisasi perlindungan sosial ini pemerintah bisa belajar dari Amerika Serikat yang memberikan program unemployment benefit kepada masyarakat yang tidak bekerja dengan disertai syarat tenggat waktu untuk menghindari adanya moral hazard.

JAKARTA – Pemerintah disarankan segera membuat program perlindungan sosial bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dinamisnya pergerakaan angka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News