Diprediksi, Harga Beras Genjot Inflasi di 2011

Solusinya Petani Harus Dimanjakan

Diprediksi, Harga Beras Genjot Inflasi di 2011
Diprediksi, Harga Beras Genjot Inflasi di 2011
JAKARTA--Harga beras di 2010 yang tidak bisa dikendalikan pemerintah menjadi penyumbang terbesar tingginya inflasi di akhir tahun. Kondisi yang sama diperkirakan tidak akan berubah pada tahun ini. Harga beras di 2011 diprediksi akan terus merangkak naik.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengungkapkan, ancaman terbesar inflasi tahun 2011 masih berasal dari komoditi barang pangan pokok. Seperti beras, minyak goreng, cabai merah, listrik dan lainnya.

"Harga beras bisa naik terus hingga dua kali lipat. Apalagi saat ini Vietnam dan Thailand yang menjadi pemasok utama beras dunia, sudah koit dan bersiap-siap merapatkan kran ekspor mereka," kata Rusman kepada wartawan di Jakarta, Senin (3\1).

Bila Vietnam dan Thailand akhirnya jadi mengerem ekspor mereka maka Indonesia, kata Rusman, harus bersiap-siap dengan kondisi paling terburuk. Yakni harus bisa memenuhi ketahanan pangan nasional dari produksi dalam negeri sendiri.

JAKARTA--Harga beras di 2010 yang tidak bisa dikendalikan pemerintah menjadi penyumbang terbesar tingginya inflasi di akhir tahun. Kondisi yang sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News