Diprediksi Nilai UKG Tetap Kecil

Diprediksi Nilai UKG Tetap Kecil
Diprediksi Nilai UKG Tetap Kecil
JAKARTA - Uji kompetensi guru (UKG) gelombang II sudah berjalan satu pekan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memperkirakan jika nilai ujian yang didapatkan guru masih kecil, tidak jauh berbeda dengan UKG gelombang I dulu.

Prediksi ini dipaparkan oleh Ketua Umum PGRI Sulistyo kemarin (8/10). "Berkaitan dengan nilai, saya masih menganggap nilai UKG insyallah juga belum baik," kata dia. Seperti diketahui, rata-rata nilai guru pada UKG gelombang I dulu hanya 4,5. Artinya, sebagian besar guru salah dalam mengerjakan soal UKG.

Kondisi ini terjadi karena memang masih banyak guru yang kemampuannya belum sesuai harapan pemerintah. Selain itu, Sulistyo juga mengatakan soal-soal yang diujikan dalam UKG belum sesuai benar dengan kisi-kisi yang disediakan untuk seluruh guru. "Untungnya nilai UKG ini hanya dijadikan sebagai pemetaan saja," kata dia.

Jadi ketika nilai UKG tidak baik, bisa dijadikan cermin bagi pemerintah bahwa pendidikan dan pembinaan guru yang dijalankan pemerintah selama ini masih jauh dari sempurna. "Sebagai konsekuensi dari adanya hasil pemetaan tadi, pemerintah harus meningkatkan pembinaan guru," jelas pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu.

JAKARTA - Uji kompetensi guru (UKG) gelombang II sudah berjalan satu pekan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memperkirakan jika nilai ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News