Direktur LPI Sebut Pertarungan Suara Mak-mak Berimbang, Tetapi Ganjar Dominan

Direktur LPI Sebut Pertarungan Suara Mak-mak Berimbang, Tetapi Ganjar Dominan
Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menilai suara kelompok mak-mak dominan mengarah kepada Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikannya dalam meluncurkan Survei Nasional LPI Capres Ideal Versi Emak-Emak di Jakarta (9/8).

“Kami berpikir, pilihan masyarakat ini pasti beragam berdasarkan kategori sosial atas dasar. Itu sebabnya, kami membuat survei seperti kluster (kategori) milenial dan sekarang segmen mak-mak," kata Hargens.

Menurut dia, segmen perempuan sangat penting. Selain pemilih terbesar, perempuan terkhusus mak-mak, ini biasanya lebih mudah dipengaruhi, dibanding kelompok bapak.

"Hal itu bisa dipahami mengingat konstruksi sosial budaya masyarakat Indonesia. Nah, dari hasil survei kami, ternyata mak-mak ini relatif berimbang suaranya kepada tiga calon, tetapi lebih dominan kepada Ganjar. Selisihnya juga masih tipis yang disusul oleh Prabowo lalu Anies,” ulasnya.

Dia melanjutkan dalam pemilu langsung sedikitnya terdapat sejumlah faktor lain yang turut mempengaruhi kemenangan kandidat.

“Tentunya selain figur, pertama partai pendukung, kedua skala dan mobilisasi massa yang bisa dimotori oleh partai maupun organ sukarelawan. Ketiga, daya dukung finansial. Keempat, kalau bicara pilpres faktor bacawapres turut menjadi faktor dan harus bisa berkolaborasi,” sambungnya.

Untuk diketahui, survei nasional yang diselenggarakan oleh LPI ini dimulai pada 20 Juli 2023 dan berakhir pada 1 Agustus 2023. Kluster Emak-Emak yang dimaksud dalam survei ini adalah perempuan yang sudah memiliki hak pilih dan sudah menikah. Serta memiliki pandangan mandiri, objektif dan kritis terhadap isu-isu politik yang terjadi menjelang pemilu 2024.

Kluster perempuan terkhusus mak-mak, ini biasanya lebih mudah dipengaruhi, dibanding kelompok bapak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News