Direktur Navigasi Nyatakan Helikopter yang Hilang Tidak Lost Contact

Direktur Navigasi Nyatakan Helikopter yang Hilang Tidak Lost Contact
Direktur Navigasi Nyatakan Helikopter yang Hilang Tidak Lost Contact

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto menyatakan helikopter EC 130 PK-BKA, yang dinyatakan hilang pada Minggu (11/10) kemarin, tidak mengalami lost contact.

Sebuah penerbangan kata Novie, tidak bisa dikatakan hilang kontak karena pilot tidak melakukan kontak sama sekali dengan unit Air Traffic Services (ATS) di Medan, Kualanamu saat terbang dari Samosir.

"Heli tersebut kembali ke Kualanamu dari Samaosir tidak melaporkan atau melakukan kontak sama sekali ke ATS sampai diketahui tidak mendarat. Sehingga tidak bisa disebut lost contact, karena sebenarnya tidak pernah melaporkan ke navigasi," ulas Novie di kantornya, Jakarta, Senin (12/10).

Kesalahan fatal tersebut sambung Novie juga menyulitkan tim di lapangan saat melakukan pencarian badan pesawat bila ada musibah. Pasalnya pesawat akan sulit untuk dilacak keberadaannya.

"Jadi kami belum tahu heli ini hilang di mana, di darat atau di danau. Keberadaannya belum diketahui," tandas Novie. (chi/jpnn)

JAKARTA - Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto menyatakan helikopter EC 130 PK-BKA, yang dinyatakan hilang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News