Ini Kendala dalam Upaya Membangun Desa

Ini Kendala dalam Upaya Membangun Desa
Ini Kendala dalam Upaya Membangun Desa

jpnn.com - YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, salah satu kelemahan paling berat dalam proses pembangunan desa selama ini, lemahnya peran dan pemberdayaan masyarakat. 

Masyarakat desa biasanya hanya jadi subjek yang tidak banyak dilibatkan, Baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam pengelolaan pembangunan.

"Ini semua problem lama yang harus didobrak. Bersyukur sudah ada UU Desa yang memposisikan masyarakat desa sebagai pemeran utama dalam pembangunan nasional. Desa sudah jadi pelaku pembangunan yang didukung perangkat kuat serta dana desa yang besar," ujar Marwan saat menghadiri Konfrensi Nasional III Inovasi Lingkungan Terbangun Restorasi Permukiman Desa-Kota, di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogjakarta, Senin (12/10).

Untuk meningkatkan pembangunan masyarakat pedesaan, mahasiswa kata Marwan, harus ambil bagian. Salah satunya dapat dilakukan ketika nantinya lulus kuliah, tidak pergi ke kota untuk mencari pekerjaan.

"Pemerintah pasti mendengar apa yang disampaikan mahasiswa karena pikiran positif dari perguruan tunggi akan jadi rujukan dalam membuat kebijakan yang konstruktif," ujar Marwan.

Tak lupa, tokoh asal Pati, Jateng ini juga meminta rekomendasi dari mahasiswa yang konstruktif demi pemberdayaan masyarakat desa. Termasuk dalam proses penataan ruang desa yang selama ini sangat lemah.(gir/jpnn)


YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, salah satu kelemahan paling berat dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News