Dirgahayu...Jalasveva Jayamahe!

Dirgahayu...Jalasveva Jayamahe!
Poster yang dibuat di Sumatera. pada 1947 ini bertujuan mengajak para pemuda bergabung dengan angkatan laut. Tulisannya, Pemuda Mari Kelaut Kuasaila Samudra. Foto: Istimewa

jpnn.com - "PADA 10 September 1945 BKR Laut Pusat disahkan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). M. Pardi ditunjuk sebagai pimpinan," tulis buku Sejarah TNI Angkatan Laut 1945-1950

Merujuk pengesahan tersebut, maka setiap tanggal 10 September, Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun Angkatan Laut.

Kisah lahirnya BKR Laut berpangkal pada proklamasi 17 Agustus 1945. Sorak-sorai kemerdekaan disambut oleh orang-orang laut dengan mendirikan Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut. 

Pembentukan BKR Laut ini, sebagai dicuplik dari laporannya, berlandaskan pada "...keamanan di pantai dijaga oleh para pelaut dan orang-orang yang berkerja erat dengan kepelautan."

Anggota BKR Laut bukan hanya pemuda-pemuda yang pernah mengenyam pendidikan sekolah pelaut atau pelayaran yang sudah ada sejak zaman Belanda, pun zaman Jepang saja.

Orang-orang yang tak pernah mengenyam pendidikan formal kelautan, tapi mengerti ilmu laut turut bergabung.

Di Jakarta, BKR laut dibidani oleh para pelajar dan guru Sekolah Pelayaran Tinggi serta pelaut-pelaut Jawa Unko Kaisya yang dikoordinir oleh M. Pardi, R.E. Martadinata dan kawan-kawan. 

Mereka yang menamakan diri BKR Laut Pusat ini bermarkas di gedung yang hari ini menjadi SMP Negeri 2, Jl. Budi Utomo, Jakarta Pusat. 

"PADA 10 September 1945 BKR Laut Pusat disahkan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). M. Pardi ditunjuk sebagai pimpinan," tulis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News