Dirjen Bea Cukai: Visi Saya Masih Sama, Meningkatkan Pelayanan Lebih Cepat

Dirjen Bea Cukai: Visi Saya Masih Sama, Meningkatkan Pelayanan Lebih Cepat
Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani melakukan kunjungan kerja perdana Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (25/3). Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani melakukan kunjungan kerja perdana ke Kantor Bea Cukai Batam bertepatan dengan launching Batam Logistic Ecosystem (BLE) sebagai bagian dari National Logistic Ecosystem (NLE) untuk memperkuat perekonomian nasional, Kamis (18/3).

Setelah dari Batam, Askolani sebagai dirjen yang baru menjabat Askolani juga melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (25/3).

“Visi saya terhadap Bea Cukai masih sama (dengan sebelumnya), meningkatkan pelayanan lebih cepat dan lebih mudah sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang telah diresmikan, terlebih lagi pada masa pandemi ini,” ujar Askolani di Batam.

Menurut dia, BLE adalah kolaborasi dan sinergi antarkementerian dan instansi sehingga tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Dengan seluruh reformasi yang telah dilakukan, Askolani berharap Bea Cukai Batam bisa menjadi penggerak utama bagi yang lain untuk menjadi lebih baik.

Dia menyampaikan bahwa tugas Bea Cukai sangat penting dalam perekonomian. Menurutnya, penerimaan Bea Cukai memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Bea Cukai juga berperan mendukung ekspor. Menurut dia, tentu akan banyak tantangan bagi Bea Cukai dalam menjalankan peran tersebut.

“Tantangan yang dihadapi Bea Cukai Batam adalah sinergi dan koordinasi, yang merupakan kunci untuk bersama-sama memajukan institusi tercinta ini,” ujar Askolani.

Selain itu, Askolani melanjutkan peninjauan langsung ke Kanwil Jateng dan DIY, pada Kamis (25/3). Dia menyampaikan bahwa Bea Cukai memiliki peran strategis dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tahun 2021.

Dirjen Bea Cukai Askolani yang baru menjabat menegaskan bahwa visinya masih sama dengan yang sebelumnya yakni meningkatkan pelayanan lebih cepat dan lebih mudah sesuai UU Ciptaker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News